Pentingnya Membangun Komunikasi Keluarga

Keluarga merupakan bagian terpenting dalam pranata sosial suatu negara. Negara yang kuat terdiri atas keluarga-keluarga yang kuat. Keberhasilan membangun keluarga bahagia, akan sangat ditentukan oleh cara komunikasi terhadap anggota keluarga. Itulah Pentingnya membangun komunikasi keluarga.


Peran-Komunikasi-Keluarga
Belajar membangun komunikasi keluarga

Hari ini potret keluarga Indonesia mengulik keprihatinan kita semua. Berapa kali dalam setahun, hati kita diguncang oleh peristiwa-peristiwa kekerasan keluarga dalam negara. Cepatnya arus informasi yang didukung teknologi, kerap mempersembahkan warta kegagalan kita dalam membangun keluarga. 

Definisi Komunikasi dan Keluarga Menurut Wikipedia :

Pengertian Komunikasi Keluarga

Komunikasi adalah suatu proses di mana seseorang atau beberapa orang, kelompok, organisasi, dan masyarakat menciptakan, dan menggunakan informasi agar terhubung dengan lingkungan dan orang lain. Dalam berkomunikasi kita bisa menggunakan bantuan media seperti berbicara, bertatap langsung, menggunakan isyarat, dan bermacam alat komunikasi yang didukung kemajuan teknologi. 

Secara harfiah komunikasi adalah interaksi antara dua orang atau lebih dalam rangka menyampaikan suatu pesan atau informasi kepada orang lain. Komunikasi merupakan hal penting dan kunci kita menjaga hubungan sesama manusia baik secara sosial, politik, budaya, agama dan sebagainya. terlebih lagi komunikasi keluarga.

Keluarga adalah unit terkecil dari masyarakat yang terdiri atas kepala keluarga dan beberapa orang yang terkumpul dan tinggal di suatu tempat di bawah suatu atap dalam keadaan saling ketergantungan.

Keluarga merupakan organisasi yang antar sesama anggotanya saling terpaut ikatan lahir batin. keluarga terdiri dari unsur utama, yakni orang tua (ayah dan ibu) serta anak.  

Tips membangun komunikasi dengan anak

  • Meluangkan waktu berkualitas bersama keluarga;
  • Mendengarkan keluh kesah dan inisiatif anak;
  • Memberi contoh yang baik (figur ketokohan);
  • Mengajak diskusi memberi kesempatan anak beropini. 

Komunikasi yang kurang baik antara orang tua dan anak dapat memberi dampak negatif bagi keluarga. Baik hubungan antara orang tua dengan anak, maupun hubungan anak dengan anak. 

Akbibat komunikasi yang kurang baik dalam keluarga :
  • Hubungan keluarga yang tidak harmonis;
  • Mempengaruhi perkembangan emosi anak;
  • Rentan terjadi perceraian;
  • Potensi terjadinya kekerasan;
  • Rentan terjadi pembiaran pada anak;
  • Kenakalan remaja dan sebaginya.

Peran-Komunikasi-Keluarga-Dalam-Membangun-Negara
Peran Komunikasi Keluarga Dalam Membangun Negara : Picture by sayangianak.com

Buruknya komunikasi keluarga dapat menghambat fungsi keluarga. Dampaknya akan sangat mempengaruhi proses pembangunan negara. Gagalnya pembangunan keluarga adalah potret kegagalan pembangunan negara. 

Posting Komentar

0 Komentar