Dicekal Youtube Karena Ini, Benarkah? Video Cover Alip Ba Ta Fingerstyle Hotel California

Beberapa bulan belakangan ini dunia musik tanah air 'geger' oleh munculnya musisi baru yang fenomenal dan viral. Termasuk beberapa video yang dicekal youtube. Salah satunya adalah Video Cover Fingerstyle lagu Hotel California karya The Eagles.
Adalah pemilik kanal youtube Alip_Ba_Ta Channel yang konon bernama asli Alief Gustakhiyat. jakarta.tribunnews.com (26/9/2019).
Referensi pihak ketiga : youtube.com
Kanal Alip_Ba_Ta telah disubscribe lebih dari 840 ribu netizen. Video-videonya pun tembus jutaan view. Menampilkan video permainan gitar fingerstyle, kemampuannya memetik senar dipuji jutaan orang.
Apresiasi juga datang dari musisi-musisi terkenal dunia, termasuk para pemain fingerstyle. Sperti Uncle Igor, Alexandr Misco, sampai gitaris venged Sevenfold, Synyster Gates memberi pujian pada Alief melalui kolom komentar.
Penampilan Alip_Ba_Ta dalam videonya terbilang unik dan mencitrakan kesederhanaan. Hampir semua videonya mengambil latar di kamar kos atau rumah kontrakannya dengan pakaian dan penampilan ala kadarnya.
Alief-Gustakhiyat-alias-Alip_Ba_Ta
Alief Gustakhiyat alias Alip_Ba_Ta (kiri) : jambi.tribunnews.com
Bahkan dengan peralatan rekam dan gitar yang sederhana juga, alunan petikan gitar sang fingerstyles itu ternyata mampu menghipnotis peminatnya. Alief juga mengaku karyanya itu hanyalah sebagai penyalur hobir, sekedar untuk menghibur dan berbagi.
Alief juga tak pernah sekalipun meminta para viewer untuk men-subscribe maupun meminta orang lain memberi komentar pada videonya. Sang maestro itu sendiri juga didapati jarang sekali menanggapi jutaan komentar netizen dalam video karyanya.
Kesederhanaan-Alip_Ba_Ta
Alief_Ba_Ta Meastro Gitar Yang sederhana : sumber gambar jakarta.tribunnews.com
Memainkan lagu-lagu baik dalam negeri maupun manca negara, kemampuan Alief banyak yang menilai setanding dengan fingerstyles profesional dunia. Salah satu karyanya yang dahsyat adalah cover lagu Hotel California milik Eagle.
Sayang, salah satu cover terbaiknya itu konon dicekal oleh Youtube. Walaupun begitu, ada peminatnya yang sudah reupload videonya tersebut. Saat ini cover lagu Hotel California karya Alip_Ba_Ta yang diupload kanal Mergo Baper sudah mencecah lebih dari 1,3 juta view di youtube. (https://www.youtube.com/watch?v=XEiixRzYb10)
Dari kolom komentar di laman tersebut, banyak spekulasi terkait penyebab pencekalan video cover baik yang bernada candaan maupun serius. Seperti pendapat akun R Kurniawan yang meyakini penyebab dicekalnya cover "Hotel California" versi Alip_Ba_Ta adalah karena pelanggaran hak cipta / copyright.
Penyebab-Video-Alip-Ba-Ta-Dicekal-Youtube
Komentar Video Cover "Hotel California" versi Alip_Ba_Ta : Sumber Youtube.com
Memang dalam video cover "Hotel california" fingerstyle versi Alip_Ba_Ta ini sekilas terdengar hampir mirip dengan karya asli eagles, bedanya sang fingerstyles hanya cukup menggunakan satu alat musik yakni gitar saja untuk menghasilkan harmoni "Hotel California" yang sangat mengena di telinga penikmat musik tanah air, bahkan dunia.
Sumber : https://www.youtube.com/watch?v=XEiixRzYb10

Posting Komentar

8 Komentar

  1. Bang Alif benar benar dewa gitar. Kepiawaianya dalam memainkan gitar sudah di akui para musisi dunia, Indonesia patut bangga.. tetep berkarya dan semangat bang Alif

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul, Alif Ba Ta memang memiliki talenta dan bakat yang luar biasa. Apalagi teknik main gitar fingerstyle-nya yang memang unik,membuat Alif Ba Ta dikagumi musisi dunia.

      Hapus
  2. Biasa🙄🙄🙄 bila ada sesuatu yang melambung pasti ada yg merasa dirugikan, karna di dunia ini masih banyak orang yg otak nya di penuhi dengan uang dan uang

    BalasHapus
    Balasan
    1. Uang memang sangat kita butuhkan, tapi gaya / style bang Alif Gustakhiyat bener-bener mengajarkan kita kederhanaan.

      Hapus
  3. Balasan
    1. Siapa sih sebenarnya Alif Ba Ta itu? Musisi yang satu ini memang luar biasa, entah skill main gitarnya ataupun figur kepribadiannya.

      Hapus
  4. grup band the eagle emang "sadis" bang.. bukan cuma alif ba ta, semua yang nampilin karya mereka tanpa seijin, kalau ketahuan di-take down

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mungkin mereka sangat menjaga dan menghargai hasil cipta karyanya, sehingga setiap video dengan aransemen seperti aslinya "Eagle", akan dilaporkan sebagai pelanggaran hak cipta. Tapi karya Bang Alip memang super keren..

      Terimakasih sudah hadir dan meninggalkan jejak.

      Hapus