Waspada! Jika Tubuh Rasakan Gejala Ini | Anosmia Gejala Khas Covid-19

Meningkatkan ke-waspada-an saat tubuh rasakan gejala, atau sesuatu yang tak biasa merupakan langkah pencegahan potensi dini terhadap penularan suatu virus. Apalagi tanda gejala khas Covid-19.

Secara umum, gejala yang di-rasakan oleh tubuh pasien terkonfirmasi positif Covid-19 (bergejala), adalah hampir sama seperti saat tubuh terserang influenza biasa. Namun para peneliti juga menemukan gejala khas covid-19, yakni anosmia.

Anosmia-gejala-khas-covid-19
Anosmia Gejala khas Covid-19

Disampaikan drg Baning Rahayujati, M.Kes, Juru bicara Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kabupaten Kulon Progo dalam acara Loka Karya Mini Lintas Sektor Kecamatan Pengasih, Kulon Progo, Yogyakarta. (Rabu 23/9/2020) Salah satu tanda gejala khas Covid-19 adalah anosmia

Tanda Gejala Covid-19

Badan Kesehatan Dunia (WHO) mengkategorikan beberapa tanda gejala yang dialami seseorang yang telah terinfeksi virus Covid-19. Yakni gejala biasa, gejala kurang biasa dan gejala serius.

Gejala Umum Covid-19 adalah 

  1. Demam;
  2. Batuk kering;
  3. Kelelahan.

Gejala Khas Covid-19 / Gejala Kurang Biasa

  1. Sakit-sakit badan;
  2. Sakit tenggorokan;
  3. Diare;
  4. Konjungtivitis;
  5. Sakit kepala;
  6. Ruam pada kulit, atau perubahan warna jari atau jari kaki;
  7. Anosmia, Kehilangan rasa atau bau 

Gejala serius

  1. Sesak nafas
  2. Sakit dada atau tekanan dada
  3. Kehilangan pertuturan atau pergerakan
Anosmia adalah hilangnya kemampuan seseorang untuk mencium bau dan atau rasa secara tiba-tiba, Anosmia juga menjadi salah satu tanda gejala covid-19 paling khas.

Jika tubuh bergejala anosmia, indra penciuman dan indra perasa tidak berfungsi optimal, beberapa kasus sampai tidak dapat merasakan pahit, asin, dan juga manis tatkala mengkonsumsi makanan ataupun minuman.

Tubuh seseorang me-rasakan gejala umum maupun gejala khas Covid-19 rata-rata memerlukan waktu 5-6 hari dari ketika pertama kali seseorang tersebut terinfeksi virus Covid-19, namun dapat juga memerlukan waktu hingga 14 hari.

Meningkatkan Kewaspadaan Terhadap Tanda Gejala Khas Covid-19

Sebagai sesuatu yang baru bagi dunia, keberadaan dan informasi virus Covid-19 masih terus digali, dikaji dan didalami oleh para pakar kesehatan. Sehingga pola penanganan Coronavirus Covid-19 juga terus mengalami perubahan, selaras dengan perkembangan hasil temuan-temuan baru para peneliti yang terus berupaya mengenal karakteristik virus menular tersebut, serta menemukan formula yang tepat bagi menekan penularan dan usaha-usaha penyembuhan.

Waspada-gejala-khas-Covid-19
Waspada gejala khas Covid-19 anosmia


Di Indonesia Pemerintah melalui Kementerian Kesehatan telah beberapa kali merevisi pedoman penanggulangan pandemi virus Covid-19, mengacu pada pedoman penatalaksanaan standar penanganan covid-19 dunia. 

Hal tersebut tentu dipengaruhi oleh faktor keterbatasan ilmu pengetahuan manusia, dalam hal ini adalah pengetahuan dunia kedokteran terhadap virus covid-19 yang masih terus dikembangkan.

Saat ini dunia sedang menyiapkan serta berupaya mengembangkan obat ataupun vaksin Coronavirus Disease Covid-19. Tak ketinggalan juga pemerintah Indonesia yang sedang melaksanakan pengujian vaksin covid-19 tahap ke-3.

Selama menunggu proses pengembangan obat dan vaksin covid-19 hingga bisa didistribusikan nanti, masyarakat diharapkan tetap mematuhi protokol kesehatan dan pencegahan penularan Covid-19 dengan penuh kesadaran. Minimal dengan mematuhi 3M Pencegahan Covid-19. Yaitu Memakai masker, Mencuci tangan pakai sabun, Menjaga jarak aman.

Sebagai langkah pencegahan lanjutan, maka jika seseorang merasakan gejala pada tubuh, baik gejala umum maupun gejala khas covid-19, apalagi jika tubuh rasakan gejala serius, pastikan untuk bisa segera mendapat pertolongan. Tentunya dengan terlebih dahulu menghubungi petugas kesehatan berwenang / dokter, sebelum datang ke fasilitas layanan kesehatan yang tersedia.

Posting Komentar

0 Komentar