Video Duo Semangka Mantul-Mantul | Belajar Dari Sikap Gusdur Terhadap Inul

Artis "Duo Semangka Mantu-mantul" dipanggil oleh Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) untuk klarifikasi terkait konten video di youtube yang diduga tidak mendidik. Detik.com (20/08/2019)

Video duo Semangka mantul+mantul : pic. By today.line.meMasih ingat dengan Inul Daratista dengan goyang "ngebor" yang sempat bikin heboh? Perseteruannya dengan Raja Dangdut Indonesia H Rhoma Irama makin kontroversi dengan "pembelaan" Gusdur. 

Waktu itu Gusdur bahkan menyalahkan Rhoma Irama, MUI dan sejumlah pihak yang melakukan boikot terhadap Inul atas alasan khawatir terhadap rusaknya moralitas bangsa akibat aksi Inul. 

Mengapa harus disibukkan dengan urusan Inul, sedangkan pada saat bersamaan tutup mata terhadap berbagai pelanggaran konstitusi, pelanggaran HAM, dan maraknya praktek KKN. Sedangkan Mahkamah Agung pun tidak menemukan pelanggaran apapun dalam pentasnya Inul. gusdur.net (3/1/2017).

Belajar dari Sikap Gus Dur terhadap Inul Daratista :  pic.by hot.detik.com

Pemanggilan "Duo Semangka" kali ini berangkat dari laporan masyarakat. Diduga konten video yang diupload akun Official Duo Semangka mengandung unsur yang tidak mendidik. Tentu situasi berbeda antara pemanggilan "Duo Semangka" dengan pencekalan Inul waktu itu. 

Belajar dari Gusdur yang sebenarnya juga punya perasaan yang sama dengan MUI dan pihak-pihak yang memboikot Inul. Bahwa Apa yang paling penting adalah membangun kesadaran masyarakat untuk mencegah hal-hal seperti itu (Konten tidak mendidik) terus bermunculan. Sebagai bagian dari Amar Ma'ruf.

Laporan masyarakat merupakan bentuk dari "peringatan moral". Justru jika tidak ditindaklanjuti akan menyulut reaksi dan menimbulkan permasalahan yang baru. Seperti "sirine moral" yang didengungkan H Rhoma Irama waktu itu.

Gusdur bela inul : picture by okzone.com

Apa yang dilakukan KPAI dari sudut pandang agama tentu sangat benar. Klarifikasi atas konten yang diduga tidak mendidik merupakan bagian dari upaya mencegah kemungkaran. Sebagaimana Gusdur (walaupun membela) namun tetap memperingatkan Inul untuk tidak menampilkan gerakan erotis dalam pagelaran. 

Karena samarnya batas moralitas, maka menjadi wajib bagi kita menjauhi hal-hal yang samar. KPAI berperan dalam memberi kesadaran pada masyarakat akan pentingnya menjaga dan menanamkan pendidikan moral pada anak.

Posting Komentar

1 Komentar