Keindahan Penajam Paser Utara Lokasi Ibukota baru Indonesia

Kabupaten Penajam Paser Utara yang berada di wilayah Provinsi Kalimantan Timur Indonesia mendadak terkenal setelah Kepala Bappenas menyatakan lokasi tersebut akan menjadi pusat pemerintahan, ibukota baru Indonesia. Keindahan alam Penajam Paser Utara menambah nilai tersendiri.

Keindahan-Lokasi-Ibukota-Baru-Indonesia
Pantai di Penajam Paser Utara : Picture by jajalindonesiakeren.blogspot.com

Terdiri dari 4 kecamatan, 30 desa, dan 24 kelurahan, kabupaten Penajam Paser Utara memiliki Sumber daya alam yang beragam. Berada di jalur perdagangan trans Kalimantan, kabupaten termuda kedua di Kalimantan Timur itu juga memiliki potensi ekonomi yang tinggi.

Menghadap Selat Makasar di sisi tenggara Penajam Paser Utara menyajikan panorama pantai yang indah. Deretan pantai nan biru menghadirkan pemandangan alam yang eksotis. Beberapa lokasi di Kabupaten Penajam Paser Utara terdapat pengembangan wisata bahari yang sudah mulai terkenal.

Melihat keindahan pemandangan alam di tempat yang akan dijadikan lokasi Ibukota baru Indonesia 

 

Pantai Tanjung Jumlai

Panorama laut Pantai Tanjung Jumlai dihiasi oleh hamparan pasir kwarsa yang membuat air laut sangat jernih. Menampakkan keindahan dasar laut yang mempesona setiap mata memandang. Resort yang dibangun di bawah hijaunya pepohonan pantai menambah sejuk suasana.

Pantai Sipakario (Nipah-Nipah)

Pantai Sipakario atau masyarakat lokal Penajam Paser Utara menyebutnya Pantai Nipah-nipah memiliki kontur pantai yang landai. Wisatawan dapat menikmati deburan ombak yang dibawa oleh angin nan sepoi.

Hamparan-Pasir-di-Penajam
Pasir Pantai Putih Nan Indah Pic by tribunnews.com

Lokasi pantai nipah-nipah yang berada di kawasan teluk Balikpapan sangat cocok untuk menikmati matahari terbit di ufuk timur. Hanya berjarak 8 km dari Ibukota Kalimantan Timur, Kota Balikpapan membuat pantai yang berada di Kabupaten Penajam Paser Utara ini ramai dikunjungi wisatawan terutama pada hujung minggu dan masa liburan.

Air Terjun Tembinus

Sering disebut Niagara Tembinus menyajikan pemandangan natural dan sejuk. Lokasi wisata air ini berada di Trunen, Desa Bumi Harapan, Kecamatan Sepaku, Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur. 

Lokasi-Penajam-Paser-Utara
Segala penat lelah baru akan terbayar setelah sampai lokasi Air Terjun Tembinus

Itulah keindahan Penajam Paser Utara yang akan menjadi lokasi Ibukota baru Indonesia. Semoga pembangunan ibu kota Indonesia kelak tidak berdampak negatif pada keindahan alam semula jadi di Kabupaten Penajam Paser Utara. Setidaknya mampu mencotoh konsep pembangunan kota berwasasan hijau di Putrajaya.

Posting Komentar

0 Komentar